Diperlukan Ketegasan Orang-tua untuk Pulihkan Anak Ketagihan Game Online

Diperlukan Ketegasan Orang-tua untuk Pulihkan Anak Ketagihan Game Online

Jumlahnya anak yang ketagihan game online di Kota Blitar naik jadi 18. Psikolog Rachmadi Widiharto menjelaskan perlu ketegasan orangtua untuk memulihkan keadaan psikis anak. Tetapi hal tersebut tidak dapat dikerjakan dengan frontal. Step untuk step, perlahan-lahan harus sabar digerakkan, supaya keadaan psikis anak tidak tiba-tiba lakukan penampikan, serta pemberontakan. “Tidak dapat memerintah anak hentikan langsung permainan itu.

Atau memberi hukuman anak jangan menggenggam HP selama-lamanya, itu akan menyebabkan lebih jelek. Tetapi harus dengan setahap. Bisa main tetapi dibatasi optimal dua jam, di turunkan optimal satu jam. Lantas alihkan dengan pekerjaan lain serta pendampingan,” kata Rachmadi pada detikcom waktu di konfirmasi, Rabu (15/01/2020). Menurut Rachmadi, aksi memberi hukuman anak seperti yang dikerjakan orangtua di Jember tempo hari, malah tidak berefek baik. Sebab akan ada bibit anak membenci bapak, anak memberontak sampai selesai pada tindak pidana.

Baca juga : Ramai Masalah Istri ML di Samping Suami Tidur

Orangtua, lanjut ia, dapat mengawali menyertakan anak dalam kegiatannya. Serta waktu cari uang. Berjualan makanan contohnya. Ajak anak menolong lakukan pekerjaan mudah. Berikan mereka tanggung jawab untuk mengakhiri pekerjaan rumah itu. “Serta mari… turuti pergerakan matikan HP mulai jam 19.00 WIB-21.00 WIB. Isikan dengan makan malam bersama dengan, salat Isya berjamaah atau menceritakan dengan bagian keluarga yang lain,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *