Ini yang Sebabkan Mobil Kebakar di Tol Cipularang

Ini yang Sebabkan Mobil Kebakar di Tol Cipularang

Ini yang Sebabkan Mobil Kebakar di Tol Cipularang

Serangkaian kecelakaan yang melibatkan belasan kendaraan di kilometer 91 Jalan Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, Senin (2/9/2019) sore memakan korban. Jika dilihat dari dampak yang ditimbulkan, hingga 4 kendaraan terbakar ke tanah, kecelakaan terjadi dengan kecepatan tinggi. Pada dasarnya, mobil terbakar karena ada kebocoran pada saluran bahan bakar dan oli mesin. Potensi kebocoran ini akan semakin besar jika mobil menabrak bagian depan dan belakang karena area mesin atau tangki bahan bakar terguncang.

Dilihat dari kejadian di Jalan Tol Purbaleunyi Km 91, kecelakaan terjadi saat kondisi mobil sedang idle. Kemudian, mungkin ada pukulan yang sangat keras, mengakibatkan kebocoran yang menabrak tangki bahan bakar dan merusak listrik seperti kata Manajer Dukungan Teknis PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi.

“Mungkin, karena kondisi ketika ditabrak diam, maka langsung terkena sistem bahan bakarnya dan ada percikan dari gesekan bahan kendaraan dengan jalan atau yang lain,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (03) / 09/2019). Selain itu, kebocoran cairan radiator pendingin yang berperan dalam mendinginkan mesin juga bisa menjadi penyebab kebakaran mobil. Karena cairan mengandung bahan kimia di mana, ketika ada percikan ketika titik didih cairan menetes, itu akan sangat cepat untuk mengambil ke bagian lain.

Pemerintah Kecam Ospek Minum Air Ludah yang Viral di Ternate

“Kemungkinannya sangat banyak, tetapi kebakaran pada dasarnya terjadi karena ada kebocoran dan menambah gesekan yang dapat menyebabkan percikan api,” kata Didi. “Sangat penting untuk menjaga jarak kendaraan yang aman, terutama jika ada kendaraan berat di sekitar. Hanya menyerah, yang paling penting aman. Kami mohon maaf atas kejadian ini,” katanya lagi.

Berdasarkan laporan kronologis terbaru yang diambil dari Kompas Regional, Dirgakkum Korlantas Mabes Polri Brigadir Jenderal Polisi Pujiyono Dulrachman, menjelaskan jika kejadian tersebut awalnya terjadi karena ada satu kecelakaan yang dialami oleh sebuah dump truck.

Syaratnya, ada empat kendaraan yang sedang antri dalam proses evakuasi truk, lalu tiba-tiba ada dump truck yang dimuat dengan tanah lain dari belakang yang hilang kontrol karena rem tidak berfungsi. Truk itu segera menabrak empat kendaraan sebelumnya. Tepat di belakang truk yang kehilangan kendali, ada 15 kendaraan lain yang secara otomatis terlibat dalam insiden mematikan itu, hingga akhirnya menyebabkan kecelakaan berturut-turut. Empat kendaraan diberitahu segera terbakar akibat insiden itu.

1 thought on “Ini yang Sebabkan Mobil Kebakar di Tol Cipularang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *