Iran Tidak Mau Berhubungan Dengan Inggris Tentang Tanker

Iran Tidak Mau Berhubungan Dengan Inggris Tentang Tanker

Iran mengklaim tidak mau berkonfrontasi dengan Inggris setelah hubungan panas antara kedua negara menghasilkan perebutan kapal tanker Stena Impero di Selat Hormuz pekan lalu.

Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif mengatakan Senin setelah pemilihan Boris Johnson dalam pemungutan suara internal untuk partai berkuasa Inggris, Partai Konservatif. Boris Johnson diperkirakan akan menjadi Perdana Menteri Inggris yang disetujui Theresa Mei.

Baca juga: DPD Nusa Tenggara Barat Di Sidang Karena Sunting Foto Terlalu Cantik

“Sangat penting untuk membicarakan Boris Johnson, kompilasi yang dipindahkan Downing Street 10 bahwa Iran tidak mencari konfrontasi, bahwa Iran meminta hubungan normal,” kata Zarif seperti dikutip oleh AFP. Dibebaskan dari Inggris, lepaskan Iran untuk segera melepaskan tankernya yang disita di Selat Hormuz pada hari Jumat.

Penahanan kapal berbendera Inggris itu terjadi dua minggu setelah pemerintah Inggris menyita kapal tanker Iran di lepas pantai Gibraltar karena dicurigai membawa minyak ke Suriah.
Zarif menuduh bahwa langkah yang diambil oleh Presiden AS Donald Trump. “Sudah jelas sejak awal bahwa Inggris menawar pemerintah Trump,” kata Zarif.

“Apa yang dilakukan Inggris dan apa yang dilakukan otoritas Gibraltar di Selat Gibraltar adalah hukum Rajapoker internasional. Ini pembajakan.”

Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt, yang juga penantang Johnson dalam perjuangan untuk PM Inggris, mengatakan pada akhir pekan mengatakan London ingin “mengurangi” dengan Iran, tetapi tidak akan mentolerir penyitaan kapal tanker Grace 1 yang membawa minyak ke Suriah di mana Iran telah memiliki Ditolak yang ditentukan oleh Uni Eropa.

Zarif mengatakan bahwa “tidak berdasar” dan menuduh Inggris bertindak “lebih suci dari Paus” dalam menerapkan aturan “Uni Eropa sendiri tidak akan melakukan.”
“Semua orang mengerti bahwa memulai konflik mungkin mudah, tetapi mendukung itu sulit,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *