Kim Jong Un Informasikan Korea Utara Akan Kembali Uji Coba Senjata

Kim Jong Un Informasikan Korea Utara Akan Kembali Uji Coba Senjata

  02 Jan 2020   , ,

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menginformasikan, mereka akan kembali mengadakan eksperimen senjata di waktu depan. Awalnya, Korut mengklaim tembakkan rudal yang dapat mencapai daratan penting AS, serta mengadakan enam kali tes nuklir. Semenjak 2018, Kim Jong Un sempat mengaplikasikan moratorium jika Korea Utara tidak lakukan eksperimen senjata.

Moratorium tu diresmikan sesudah Kim merajut pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump sampai 3x. Negosiasi dua pemimpin alami kebuntuan semenjak pertemuan di Vietnam pada Februari 2018, dengan Korut tuntut terdapatnya pendekatan baru sebelum akhir tahun. “Tidak ada fakta buat kami untuk patuhi loyalitas ini lebih lama ,” tutur Kim Jong Un seperti diambil KCNA.

“Dunia akan kembali melihat senjata strategis baru yang dikerjakan oleh DPRK (nama sah Korut) di waktu depan,” tuturnya dikutip AFP Rabu (1/1/2020). Berita yang disibak oleh KCNA itu berlangsung mendekati pidato Tahun Baru yang dikerjakan Kim, peristiwa kunci dalam kalender politik Korut. Saat itu, Kim akan mengevaluasi kembali apa yang telah mereka raih selama 2019 serta memutuskan arah pada 2020. Ini akan jadi pidato ke-8 Kim, adat yang ditampilkan di masa kakeknya, Kim Il Sung, tetapi sempat hilang waktu ayahnya, Kim Jong Il, berkuasa. Pada beberapa petinggi Partai Buruh, Kim menerangkan ia siap hidup dalam sangsi internasional untuk jaga potensi nuklir.

Baca juga : Pimpinan KPK: Luar Biasa, ICW Nilai Kami Terjelek Waktu Belum Kerja

AS terus tingkatkan tuntutan yang berlawanan dengan kebutuhan mendasara negara, serta mengambil sikap jahat mereka,” katanya. Ia menjelaskan, Washington telah langsungkan latihan militer serta kirim perlengkapan bermutu tinggi ke negara tetangga, Korea Selatan. Tetapi di lain sisi, AS menjatuhkan sangsi pada Pyongyang. “Kami tidak pernah jual martabat kami,” tegasnya. “Negara ini akan bertindak yang akan dibayar oleh AS, sebab mereka telah memberi penderitaan buat rakyat ini,” ancamnya. Sepanjang beberapa bulan, Korea Utara telah minta supaya sangsi mereka diringankan jadi ubah penyerahan senjata nuklir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *