Mendekati Ketetapan Pemakzulan, Trump Pidato Kenegaraan

Mendekati Ketetapan Pemakzulan, Trump Pidato Kenegaraan

  05 Feb 2020   , ,

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengemukakan pidato kenegaraan mendekati ketetapan sidang pemakzulan. Dalam pidato kenegaraan State of the Union ia mengklaim sudah menepati janji pada rakyat AS. “Tidak seperti beberapa orang sebelum saya, saya menepati janji saya,” kata Trump dalam pidato yang terlalu fokus pada catatan ekonomi sepanjang tiga tahun memegang, Selasa (4/2) waktu ditempat.

Pidato kenegaraan ini dikatakan untuk tingkatkan kampanye Trump mendekati pemilu presiden 2020. Dalam pidato itu, Trump ikut memaparkan persetujuan perdagangan paling baru dengan Meksiko serta Kanada atau yang disebutkan USMCA. Ia menyentuh persetujuan awal dengan China untuk meredam perang dagang dengan raksasa Asia itu. Tidak itu saja, Trump akui sudah amankan Tepian Selatan Amerika Serikat. “Usaha yang tidak pernah berlangsung awalnya untuk amankan Tepian Selatan Amerika Serikat,” kata Trump seperti diambil dari AFP, Rabu (5/2).

Baca juga : AI Membidik Intimidasi Orang Dalam Dengan Menganalisa Tulisan Karyawan Untuk Kejahatan

Ia sesumbar jika pemerintahannya sukses akhiri perang Amerika di Timur Tengah. Gagasannya Senat akan lakukan pengambilan suara pada Rabu untuk tentukan nasib Trump atas dakwaan penyimpangan kekuasaan. Trump dimakzulkan pada 18 Desember 2019 oleh Dewan Perwakilan. Ia didudga menyelahgunakan kekuasaan serta berpaya menghambat kongres. Dia disangka menyengaja meredam pertolongan pertahanan untuk Ukraina sebesar US$391 juta pada Juli sampai September 2019.

Trump didakwa menghambat Kongres dengan tidak memberi akses dokumen pada panitia spesial. Dia memerintah beberapa orang yang dipanggil DPR tidak untuk ada. Trump jadi presiden ke-3 AS yang jalani proses pemakzulan sesudah Andrew Johnson (1868) serta Bill Clinton (1999). Tetapi, seperti dua pendahulunya, kelihatannya Trump tidak sampai dilengserkan sebab tim sebagian besar di senat kelihatannya akan memihak kepadanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *