Pemerintah Korea Utara Menembak 2 Rudal Pada Kamis pagi (25/7)

Pemerintah Korea Utara Menembak 2 Rudal Pada Kamis pagi (25/7)

  25 Jul 2019

Korea Utara menembakkan dua rudal jarak pendek pada Kamis pagi (25/7). Rudal itu diarahkan ke laut dekat Wonsan. Seorang pejabat di kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan kepada Reuters bahwa rudal itu terbang sekitar 430 km (267 mil) dan mencapai ketinggian 50 km (30 mil) sebelum jatuh ke Laut Timur. Kyodo News Jepang mengutip sumber pemerintah yang mengatakan rudal itu tidak mencapai zona ekonomi eksklusif Jepang dan tidak berdampak pada keamanan nasional Jepang.

Baca juga : Jet Rusia Dan China Ditembak Korsel Karena, Melewati Perbatasan

Militer Korea Selatan mengatakan itu adalah uji coba rudal pertama sejak pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump setuju untuk melanjutkan pembicaraan denuklirisasi ketika mereka bertemu di zona demiliterisasi (DMZ) pada akhir Juni. Penembakan rudal balistik sekarang telah menimbulkan keraguan pada upaya negosiasi denuklirisasi. Sementara itu, Gedung Putih, Pentagon dan Departemen Luar Negeri AS menolak berkomentar.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan: “Kami mengetahui laporan proyektil jarak dekat diluncurkan dari Korea Utara. Kami tidak memiliki komentar lebih lanjut.” Amerika Serikat dan Korea Utara telah berjanji untuk segera mengadakan putaran negosiasi baru, tetapi Pyongyang telah meradang setelah militer AS dan pasukan Korea Selatan melakukan latihan bersama.

Kementerian Luar Negeri Korea Utara awal bulan ini mengatakan bahwa Washington “mengingkari komitmennya secara sepihak” dengan mengadakan latihan militer bola88 dengan Korea Selatan. Ini membuat Pyongyang mempertimbangkan kembali komitmennya sendiri untuk berhenti menguji senjata nuklir dan rudal balistik antarbenua. “Korea Utara jelas kesal karena AS dan Korea Selatan melakukan latihan militer bersama,” kata Harry Kazianis dari peneliti Pusat Kepentingan Nasional Washington.

Baca juga : Nunung Sering Menggunakan Narkoba Dengan Artis Lain

Korea Utara terakhir melakukan uji coba nuklir Fuji Mei lalu termasuk rudal jarak pendek dan roket kecil. Saat itu Kim mengawasi penerbangan pertama persidangan. Kemudian pada hari Selasa, kantor berita KCNA melaporkan Kim menginspeksi kapal selam baru, salah satu sistem senjata paling canggih. Ini bisa menandakan kelanjutan pengembangan program rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM). (Dea)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *